Kunjungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan

SD N Wonosari I sebagai salah satu sekolah yang tergabung dalam PSP (Program Sekolah Penggerak) Tahap I telah mencapai banyak perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran. Perubahan tersebut sejalan dengan keinginan kurikulum yang tertuang dalam kurikulum sekolah penggerak. SD N Wonosari I pun pada awal semester telah memiliki Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) serta akhir semester satu telah melaksanakan pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hal tersebut menjadi salah satu pencapaian SD N Wonosari I dalam partisipasinya sebagai sekolah penggerak.


Hal tersebut mengundang beberapa sekolah baik di dalam maupun di luar daerah untuk berkunjung dan mengetahui lebih dekat dengan pengelolaan dan pembelajaran di SD N Wonosari I. Salah satunya adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Propinsi Sulawesi Selatan. Kunjungan rombongan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai ini diikuti oleh jajaran struktural Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah SD dan SMP, Kepala Sekolah SD dan SMP yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Bapak A Jefriyanta. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sekolah penggerak, pengelolaan sekolah penggerak, peran Dinas Pendidikan dalam sekolah penggerak, serta memasukkan kearifan lokal dalam kurikulum sekolah penggerak. 


Rombongan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai merasa sangat bangga dengan penyambutan yang diselenggarakan oleh SD N Wonosari I. Mereka memasuki area sekolah dengan disambut oleh buku siswa hasil proyek Penguatan Pelajar Pancasila, hasil karya batik siswa, siswa yang sedang membatik canting, serta sebuah lagu oleh siswa SD N Wonosari I. Di dalam ruangan, rombongan pun disambut dengan pertunjukan karawitan SD N Wonosari I yang menyanyikan Mars Sekolah Penggerak serta beberapa lagu lain. 


Acara pun dilanjutkan dengan ramah tamah serta penyampaian paparan profil SD N Wonosari I oleh kepala sekolah. Setelah penyampaian kenang-kenangan oleh kedua pihak, guru dan karyawan SD N Wonosari I pun menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari rombongan yang masih ingin mengetahui tentang pelaksanaan sekolah penggerak dan pelaksanaan kearifan lokal dalam kurikulum. 


Kegiatan pun berjalan lancar dan sukses tidak hanya bertumpu pada guru dan karyawan SD N Wonosari I namun juga dapat terlaksana baik berkat kerja keras POT kelas 4. Para orang tua yang tergabung dalam pengurus POT (Paguyuban Orang Tua) bertindak sigap dengan memberikan bantuan tenaga kepada sekolah dimulai dari persiapan penyambutan tamu studi tiru, pelaksanaan studi tiru, dan setelah pelaksanaan. Mereka bekerja keras menata ruang pertemuan serta mengembalikannya menjadi ruang kelas serta menjadi garda depan dalam penyambutan.


Akhirnya, keluarga SD N Wonosari I berharap, apa yang Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai dapatkan di SD N Wonosari I dapat berguna di tempat asal mereka. (AR)


#SD N Wonosari I

#Kubangun

#Kubela

#Berkualitas

#SDENSASuper


Kegiatan

Berita

Pengunjung

Flag Counter

Copyright © 2019 Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunungkidul