Karnaval Budaya Gugusdepan 1203.01.035-1203.01.036 Pangkalan SD N Wonosari I

Bulan Agustus adalah bulan lahirnya Gerakan Pramuka. Selain itu, bulan Agustus juga menjadi hari Proklamasi Kemerdekaan RI. Dua hari besar tersebut perlu diperingati agar para siswa semakin mengenal dan bangga dengan Indonesia. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Gugusdepan 1203.01.035-1203.01.036 Pangkalan SD N Wonosari I dalam rangka memperingati Hari Pramuka sekaligus Hari Proklamasi Kemerdekaan RI dengan menyelenggarakan karnaval budaya.


Karnaval ini bertajuk “Pramuka Siap Sedia Wujudkan Pelajar Pancasila”. Karnaval budaya tahun 2023 diikuti oleh seluruh siswa, guru, karyawan, serta Paguyuban Orang Tua (POT) yang berjumlah sekitar 600 orang. Kegiatan ini dibuka oleh Ka Kwaran Wonosari, Kak Slamet Sutoyo. Karnaval ini juga dihadiri oleh utusan Kwarcab, utusan kwaran, komite sekolah. Persiapan karnaval sendiri merupakan kerja sama antara kontingen kelas dengan POT.


Defile dibuka dengan spanduk sekolah diikuti oleh Kamabigus, Kak Eni Indarwati. Di belakang Kamabigus, berturut-turut kelompok Marching Band Pesona Nada Sdensa dan diikuti oleh kontingen masing-masing kelas yang telah ditentukan menurut undian di hari sebelumnya. Setiap kontingen diwajibkan mengenakan seragam Pramuka dengan ditambah asesoris baju adat Propinsi yang telah ditentukan melalui undian. Rute yang dilalui yakni Jalan Brigjend Katamso, Jalan Sumarwi, Jalan Ksatria, Jalan Satria. Setelah selesai melaksanakan defile, masing-masing kontingen melakukan unjuk penampilan di hadapan juri. Setiap kontingen menggunakan waktu kurang lebih 2 menit untuk unjuk kebolehan bersama. 


Adapaun hasil kejuaraan karnaval budaya, antara lain:

Fase A: Juara I: 1B

Juara II: 2B

Juara III 2C

Fase B: Juara I 4B

Juara II  4C

Juara III 3B

Fase C: Juara I 6C

Juara II 5B

Juara III 6A

Kejuaraan ini dengan kriteria kekompakan dan semangat, atraksi, serta kreatifitas.


Dalam kegiatan karnaval budaya tersebut, masyarakat Wonosari tampak antusias menyaksikan jalannya karnaval. Hal ini dibuktikan dengan penuhnya warga yang menyaksikan karnaval di sepanjang rute. 


Selanjutnya, terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang telah membantu jalannya karnaval. Semoga SD N Wonosari I semakin jaya dan Gugusdepan 1203.01.035-1203.01.036 semakin baik dan unggul. (AR)

Kegiatan

Berita

Pengunjung

Flag Counter

Copyright © 2019 Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunungkidul